cPanel web hosting control panel

cPanel web hosting control panel 06 June

cPanel adalah panel kontrol hosting web (perangkat lunak yang memfasilitasi pengelolaan server hosting web) yang dikembangkan oleh cPanel, L.L.C., sebuah perusahaan Amerika. Perangkat lunak ini menyediakan antarmuka grafis (GUI) dan alat otomatisasi yang dirancang untuk menyederhanakan proses hosting situs web ke pemilik situs web atau "pengguna akhir".

cPanel adalah bagian dari rangkaian perangkat lunak yang disebut cPanel & WHM yang menyediakan kemampuan bagi administrator, pengecer, dan pemilik situs web pengguna akhir untuk mengontrol berbagai aspek administrasi situs web dan server melalui browser web standar menggunakan struktur tiga tingkat. Sementara cPanel terbatas untuk mengelola satu akun hosting, cPanel & WHM memungkinkan administrasi seluruh server.

Selain GUI, cPanel juga memiliki baris perintah dan akses berbasis API yang memungkinkan vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi hosting web, dan pengembang untuk mengotomatisasi proses administrasi sistem standar

cPanel & WHM dirancang untuk berfungsi baik sebagai server khusus atau server pribadi virtual. Versi cPanel & WHM terbaru mendukung instalasi di CentOS, Red Hat Enterprise Linux (RHEL), dan CloudLinux OS. cPanel 11.30 adalah versi utama terakhir untuk mendukung FreeBSD.

Dukungan berbasis aplikasi meliputi Apache, PHP, MySQL, PostgreSQL, Perl, dan BIND (DNS). Dukungan berbasis email mencakup layanan POP3, IMAP, dan SMTP. cPanel diakses melalui HTTPS pada port 2083, sedangkan WHM diakses melalui HTTPS pada port 2087.

Setelah diinstal, cPanel & WHM tidak dapat dengan mudah dihapus. FAQ cPanel & WHM menyatakan bahwa cara terbaik untuk menghapus instalan cPanel & WHM adalah dengan memformat ulang server. Namun, panduan penghapusan instalan tersedia online untuk administrator server ahli yang tidak ingin memformat ulang server mereka. Demikian pula, itu hanya harus diinstal pada sistem operasi yang baru diinstal dengan konfigurasi sebelumnya minimal.

source: https://en.wikipedia.org/wiki/CPanel