Yii Framework

Yii Framework 17 August

Yii adalah sebuah framework php yang digunakan oleh applicanity untuk mengembangkan sistem dan website. Applicanity menggunakan Yii framework karena Teknologinya yang cukup modern yaitu dengan menggunakan OOP (object oriented programming) dan menggunakan keunggulan dari PHP untuk fitur yang lebih baik. Hal tersebut termasuk late static binding, SPL classes and interfaces dan anonymous funstions. Ditambah yii framework juga memiliki satu point penting yaitu keamanan.

Keamanan merupakan faktor yang sangat penting untuk setiap aplikasi web, dan bagusnya Yii memiliki banyak fitur yang bagus untuk membantu mengamankan aplikasi web. Yii datang dengan komponen aplikasi security yang memiliki beberapa metode untuk membantu membuat aplikasi yang lebih aman. Metode yang digunakan diantaranya: GeneratePasswordHash, validatePassword dan generateRandomKey.

Jika teknologi dan keamanan sudah menjadi point penting kemudian yii memikirkan satu hal lain yaitu waktu pengembangan dimana pengguna yang membutuhkan sistem dengan waktu pengembangan singkat yii adalah solusinya. Kebanyakan proyek melibatkan sejumlah task yang berulang dan tidak ada yang mau membuang-buang waktu dengannya. Yii memberikan beberapa tool yang dapat membantu untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk task semacam ini, dan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan aplikasi seperti kebutuhan klien.

Salah satu tool yang bagus dari Yii adalag Gii. Gii merupakan tool scaffolding kode berbasi web, yang memungkinkan kita untuk secara cepat membuat template kode untuk: Model, controller, form, module, extension, serta CRUD controller action dan view.

Setelah aplikasi sudah selesai dikembangkan maka ada tahap dimana system perlu dipelihara. Yii menyediakan lahan untuk sistem bisa terus dikembangkan.