Visualisasi Sebuah Class

Visualisasi Sebuah Class 08 August

Class, dalam notasi UML digambarkan dengan kotak. Nama class menggunakan huruf bear di awal kalimatnya dan diletakkan di atas kotak. Bila class mempunyai nama yang terdiri dari 2 suku kata atau lebih, maka semua suku kata digabungkan tapa spasi dengan huruf awal tiap suku kata menggunakan huruf besar.

Attribute

Attribute adalah property dari sebuah class. Attribute in melukiskan batas nilai yang mungkin ada pada obyek dari class. Sebuah class mungkin mempunyai nol atau lebih attribute. Secara konvensi, jika nama attribute terdiri atas satu suku kata, maka ditulis dengan huruf kecil. Akan tetapi jika nama attribute mengandung lebih dari satu suku kata maka semua suku kata digabungkan dengan suku kata pertama menggunakan huruf kecil dan awal suku kata berikutnya menggunakan huruf besar.

Lemari Es

merek

model

nomorSeri

kapasitas

 

UML memberikan pilihan untuk memberikan informasi tambahan untuk attribute. Tipe dari setiap attribute bisa ditambahkan di sini. Tipe-tipe yang mungkin ditambahkan disini diantaranya: string, floating-point number, integer dan Boolean. Untuk menunjukkan tipe gunakan titik dua (;) untuk memisahkan nama attribute dan tipe. Nilai default sebuah attribute bisa juga ditambahkan jika dinginkan.

Lemari Es

merek              : String=’LG’

model              : String

nomorSeri      : String

jumlahPintu     : Integer          

 

Catatan: Tipe attribute bisa juga ditentukan sendiri oleh developer seperti nilai 'padat',’cair', atau 'gas'

Operation

Operation adalah sesuatu yang bisa dilakukan oleh sebuah class atau yang anda (atau class yang lain) dapat lakukan untuk sebuah class. Seperti halnya attribute, nama operation juga menggunakan huruf kecil semua jika terdiri dari satu suku kata. Akan tetapi jika lebih dari satu suku kata, maka semua suku kata digabungkan dengan suku kata pertama huruf kecil dan huruf awal tap suku berikutnya dengan huruf besar.

Lemari Es

merek

model

nomorSeri

kapasitas

masukkanBuah()

keluarkanBuah()

nyalakan()

 

Sama halnya dengan attribute, kita bisa juga memberikan tambahan informasi untuk operation dengan menambahkan parameter yang akan dilakukan oleh operation dalam tanda kurung. Salah satu bentuk operation adalah function yang gunanya untuk mendapatkan nilai setelah operation dijalankan. Untuk function ini, tipe dan nilai dari hasil operation bisa diperlihatkan.